"SELAMAT DATANG DI BLOG DAKWAH DAN KOMUNIKASI ISLAM (DAKOM) STAIN PAREPARE"

Jumat, 21 November 2014

Dakwah dan Komunikasi (DAKOM) STAIN Parepare

Sebelum berdiri sebagai fakultas, Fakultas Dakwah dan Komunikasi mulanya adalah sebuah jurusan di Fakultas Ushuluddin. Setelah menginduk selama kurang lebih 25 tahun, maka pada tahun 1989 Jurusan Dakwah memisahkan diri dan mandiri sebagai sebuah fakultas. Pada saat berdiri, Fakultas Dakwah dan Komunikasi memiliki dua jurusan: Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam dan Jurusan Bimbingan dan Penyuluhan Islam.
 
Dari namanya sudah jelas bahwa Fakultas Dakwah dan Komunikasi bertugas menghasilkan ahli-ahli dakwah yang kompeten dan siap mengabdi kepada masyarakat pada umumnya dan umat Islam pada khususnya. Fakultas ini berusaha mengembangkan ilmu dakwah dan menerapkannya dalam konteks tempat dan zaman. Jurusan dan Fakultas Ilmu Dakwah dan Ilmu Komunikasi telah banyak melahirkan alumni yang diakui kapabilitas dan reputasinya di tengah masyarakat.

Saat ini ada lima jurusan/program studi dan dua konsentrasi yang diasuh Fakultas Ilmu Dakwah dan Ilmu Komunikasi tapi yang di terapkan STAIN PAREPARE untuk sementara hanya 3 jurusan , yaitu:

1. Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam

Jurusan ini bertujuan menghasilkan sarjana yang menguasai bidang komunikasi dan penyiaran Islam.

Mata Kuliah Keahlian yang diberikan dalam jurusan ini meliputi: Filsafat Dakwah, Ilmu Dakwah, Psikologi Dakwah, Sejarah Dakwah, Metodologi Penelitian Dakwah, Ilmu Komunikasi, Jurnalistik, Teknik Berpidato, Produksi Siaran Radio dan Film, Pengantar Manajemen, Statistik Sosial, Perilaku Organisasi, Perkembangan Pemikiran Modern dan Penyiaran Islam, Filsafat Islam, Patologi Sosial, Perbandingan Agama, Geografi Islam, Public Relation, Ilmu Akhlak, Psikologi Komunikasi dan Tabligh, dan Pengantar Psikologi.
 
- Konsentrasi Jurnalistik

Jurusan Jurnalistik bertujuan untuk mencetak para sarjana Muslim yang ahli dalam bidang kewartawanan, baik di media cetak maupun elektronik.

Mata kuliah yang diajarkan dalam Konsentrasi Jurnalistik ini adalah Civic Education, Bahasa Inggris I, Bahasa Arab I, Ulumul Qur'an, Sosiologi, Ibadah Tilawah, Sejarah Peradaban Islam, Akhlak Tasawuf, Fiqh, Bahasa Arab II, Bahasa Inggris II, Ilmu Dakwah I, Bahasa Indonesia, Ilmu Kalam, Filsafat ilmu dan Logika, Ulumul Hadits, Tafsir, Ilmu Alamiah Dasar (IAD), Ilmu Komunikasi, Aplikasi Komputer, Bahasa Arab III, Bahasa Inggris III, Hadits, Psikologi, Jurnalistik, Ilmu Dakwah, Etika dan Filsafat Komunikasi, Retorika / Ilmu khitabah, Dasar-dasar Ilmu Tabligh, Dasar-dasar Siaran radio dan Televisi, Teori Komunikasi Massa, Teknik Menulis Feature dan Editorial, Statistik Sosial, Metodologi Penelitian, Psikologi Komunikasi, Bahasa Jurnalistik, Sistem Komunikasi Indonesia, Teknik Wawancara dan reportase, Produksi Siaran Televisi, Filsafat Islam, Perkembangan Teknologi Komunikasi, Teknik Menyunting Berita, Hukum dan Sistem Media Massa, Komunikasi Antar Agama dan Budaya, Teori Komunikasi Massa, Jurnalistik Foto, Bimbingan Karya Ilmiah, Metodologi Penelitian Komunikasi, Sistem Komunikasi Internasional, Perwajahan dan Tata Letak, Praktik Penelitian Komunikasi Massa, dan Manajemen Industri Media Massa.
 
- Konsentrasi Public Relation (Humas)

- Konsentrasi Advertising (Periklanan)

- Konsentrasi Broadcasting (Penyiaran)

- Konsentrasi Dakwah

  
2. Program Studi Bimbingan dan Penyuluhan Islam

Jurusan ini bertujuan menghasilkan sarjana yang mumpuni di bidang penyuluhan dan bimbingan Islam.

Mata Kuliah Keahlian yang diberikan meliputi: Filsafat Dakwah, Ilmu Dakwah, Psikologi Dakwah, Ilmu Akhlak, Sejarah Dakwah, Bimbingan dan Penyuluhan Islam, Psikologi Agama, Sosiologi, Kesehatan Mental, Psikologi Sosial/Komunikasi, Pengantar Psikologi, Psikologi Perkembang-an, Metode Penelitian, Filsafat Manusia, Psikologi Abnormal/Patologi, Pengantar Manajemen, Psikologi Kepribadian/Terapi Islam, Bimbingan Penyuluhan Agama, Statistik Sosial, Psikologi Diagnostik, Psikologi Industri/Organisasi.
- Konsentrasi Bimbingan Mental

- Konsentrasi Penyuluh Kewarganegaraan

3. Program Studi Manajemen Dakwah

Jurusan ini bertujuan menghasilkan sarjana yang menguasai bidang manajemen dakwah.

Mata Kuliah Keahlian yang diberikan dalam jurusan ini meliputi: Filsafat Dakwah, Ilmu Dakwah, Psikologi Dakwah, Sejarah Dakwah, Metodologi Pengembangan Dakwah, Manajemen Dakwah, Manajemen Organisasi Islam, Manajemen Pelatihan Dakwah, Organisiasi Islam Internasional, Manajemen Haji, Umrah dan Ziarah, Manajemen Kemasjidan, Manajemen Bank Islam, Manajemen Organisasi Nirlaba, Manajemen Pers Dakwah, Manajemen Penyiaran/Tabligh, Manajemen Pengem-bangan Masyarakat Islam, Perbandingan Sistem Dakwah, Perencanaan, Monitoring dan Evaluasi Dakwah, Sistem Informasi Dakwah, Pengantar Manajemen Umum, Praktek Manajemen Dakwah, Pengantar Psikologi, Lembaga Keuangan Islam, Pengantar Ilmu Komunikasi, dan Perilaku Orang Islam.

- Konsentrasi Manajemen Haji dan Umrah

 
Jurusan ini bertujuan untuk menghasilkan sarjana Islam yang ahli dalam bidang pengelolaan atau manajemen haji dan umrah.
 
- Konsentrasi Manajemen Lembaga Keuangan Syari'ah

- Konsentrasi Zakat, Infaq, Shadaqah, dan Wakaf (ZISWAF)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

English French German Spain Russian Japanese Arabic Chinese Simplified